Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum Kami Ajukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Somasi Wanprestasi, Contoh dan Cara Pengajuannya

4.1
(8)
Cara Mengajukan Somasi
Cara Mengajukan & Contoh Surat Somasi

Secara umum somasi diartikan sebagai teguran kepada seseorang yang lalai melaksanakan kewajibannya. Dalam bahasa Inggris somasi merujuk pada istilah Legal Notice, yakni sebuah teguran terhadap pihak calon tergugat pada proses hukum. Adapun tujuan diberikannya somasi adalah memberikan kesempatan kepada calon tergugat untuk melakukakan atau berhenti melakukan suatu perbuatan yang dimaksudkan oleh pemberi somasi. Oleh karena itu somasi merupakan proses yang mendahului sebelum diajukannya gugatan di pengadilan.

Khusus somasi dalam hal wanprestasi memiliki dasar hukum yakni pasal 1238 KUHPerdata dimana disebutkan bahwa:

Si berutang adalah lalai, apabila ia dengan surat perintah atau dengan sebuah akta sejenis itu telah dinyatakan lalai, atau demi perikatannya sendiri, ialah jika ini menetapkan, bahwa si berutang harus dianggap lalai dengan lewatnya waktu yang ditentukan.

Kemudian pasal 1243 juga menjadi acuan untuk melakukan teguran terhadap pihak yang dianggap melakukan wanprestasi. Adapun bunyi pasal tersebut adalah sebagai berikut:

Penggantian biaya, kerugian dan bunga karena tak dipenuhinya suatu perikatan mulai diwajibkan, bila debitur, walaupun telah dinyatakan Ialai, tetap Ialai untuk memenuhi perikatan itu, atau jika sesuatu yang harus diberikan atau dilakukannya hanya dapat diberikan atau dilakukannya dalam waktu yang melampaui waktu yang telah ditentukan

Bentuk  Somasi Wanprestasi

Pada prinsipnya terdapat tiga jenis bentuk somasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Surat perintah, yaitu exploit juru sita. Somasi jenis Ini adalah perintah lisan yang disampaikan juru sita kepada debitur. Dengan kata lain, exploit adalah salinan surat peringatan.
  2. Akta sejenisnya (soortgelijke akte), ialah akta autentik yang sejenis dengan exploit juru sita.
  3. Dengan perikatan sendiri, yaitu perikatan yang mungkin terjadi jika pihak-pihak menentukan terlebih dahulu saat adanya kelalaian dari debitur di dalam suatu perjanjian. Misalnya, pada perjanjian dengan ketentuan waktu, secara teoretis, suatu perikatan lalai adalah tidak perlu. Jadi, dengan lampaunya suatu waktu, maka keadaan lalai itu terjadi dengan sendirinya.

Cara Penyampaian Somasi

Teguran dapat dilakukan oleh siapa saja dan tidak hanya terbatas oleh seorang pengacara atau kuasa hukum.  Adapun cara pengajuannya dapat dilakukan secara tertulis, yakni dengan mengirimkannya langsung kepada pihak calon tergugat atau disampaikan secara terbuka di media massa.

Baca Juga:  Perbedaan Kontrak dan MoU

Contoh Surat Somasi

Berikut ini adalah sebuah contoh surat somasi:

Kepada,

Yth. Bapak…

Di,_ ……..

Perihal: Surat Somasi

Lampiran: Surat Kuasa Khusus

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Dr. Iur.Jet Lee, SH., MH

Advokat / Pengacara / Penasehat Hukum pada Kantor JET LEE & ASSOCIATES yang beralamat di Jl. …………, Makassar, Telp : ………………….., berdasarkan surat kuasa khusus tertangga 21 Agustus 2019 (terlampir), bertindak untuk dan atas nama klien kami:

Nama………………………………………
Agama…………………………………….
Pekerjaan……………………………….
No KTP …………………………………..
Alamat……………………………………

Bahwa melalui surat ini kami sampaikan Peringatan / Somasi kepada Sdr. ……………., yang beralamat di ………………………… untuk memenuhi kewajiban serta tanggung jawab saudara mengembalikan pinjaman uang kepada Klien kami sebesar Rp 700.000.0000,- (tujuh ratus juta rupiah) yang belum terbayarkan.

Apabila sampai pada saat tanggal …….. bulan……… tahun…….. sejak surat ini diterima saudara mengindahkan dan tidak menghubungi kami untuk menyelesaikan serta merealisasikan pernyataan tersebut di atas, maka kami akan melakukan semua tindakan hukum yang baik dan diperlukan serta diperbolehkan menurut hukum acara untuk kepentingan Klien kami selama tidak bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Demikian somasi ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kuasa Hukum

DR. Iur. Jett Lee, SH., MH

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 4.1 / 5. 8

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini


Tim KlinikHukum.id

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.
(Visited 3,205 times, 1 visits today)

Kesulitan membuat kontrak?

Hubungi kami sekarang!

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi