LEGAL OPINION


Legal Opinion atau Pendapat Hukum adalah dokumen tertulis yang berisikan analisa, argumentasi serta rekomendasi hukum terhadap suatu permasalahan atau peristiwa tertentu. Oleh karena itu, tujuan pokok dibuatnya Legal Opinion adalah untuk memberikan pemahaman yang utuh terhadap peristiwa tertentu dilihat dari perspektif ilmu dan teori – teori hukum serta perundang – undangan sehingga dengan pemahaman tersebut dapat diambil langkah – langkah strategis berdasarkan rekomendasi yang dikemukakan di dalam legal opinion.

Siapa Yang Menggunakan Legal Opinion ?

  1. Legal Opinion diperlukan oleh siapa saja terutama mereka yang sedang terlibat dalam perkara tertentu, baik yang sudah memiliki penasihat hukum/pengacara ataupun yang belum. Bagi yang sudah memiliki penasihat hukum, Legal Opinion dari kami dapat dijadikan Second Opinion, sehingga dapat meminimalkan kesalahan dalam pengambilan keputusan.
  2. Pelaku bisnis yang ingin membuka atau mengembangkan usaha akan sangat terbantu dengan layanan ini. Analisa hukum dari tim kami akan membantu mengidentifikasi aturan – aturan yang berhubungan dengan bisnis yang sedang atau akan dijalankan serta menemukan potensi masalah hukum yang mungkin akan terjadi sehingga dapat dihindarkan sedini mungkin.

Mengapa Menggunakan Layanan Kami?

  1. Tim IDLEGAL beserta mitra terdiri dari ahli dan praktisi hukum profesional dan berpengalaman dalam merumuskan Legal Opinion terhadap berbagai jenis perkara hukum.
  2. Lebih efisien dari segi waktu dan tenaga. Anda tidak lagi harus repot membuat janji untuk bertemu dengan penasihat hukum atau mendatangi kantor law firm tertentu, karena semuanya dapat dilakukan secara online melalui platform kami.
  3. Harga transparan dan terjangkau. Bandingkan dengan tarif pembuatan legal opinion melalui law firm maka sangat jelas perbedaannya. Namun tarif yang lebih murah tidak mengurangi kualitas layanan kami.
  4. Kami menjaga netralitas. Sikap netral dalam pembuatan legal opinion sangat penting dan itu adalah komitmen kami. Kami memberikan analisa hukum apa adanya kemudian memberikan rekomendasi berdasarkan analisa tersebut tanpa terbebani dengan kepentingan yang lain.
  5. Kami menjamin kerahasiaan data – data yang anda sampaikan.

Harga & Pembayaran

Harga layanan ini mulai dari Rp.2.500.000. Fixed cost tergantung dengan jenis dan tingkat kesulitan perkaranya.

Bagaimana Memesan Layanan Ini?

Untuk memesan layanan ini, anda dipersilahkan mengirim email ke admin@idlegal.id dengan subjek “Pesan Legal Opinion” atau Mengajukan Proposal via WhatsApp. Email dan pesan anda harus menginformasikan Nama anda, No HP/WA aktif serta deskripsi perkara anda. Selanjutnya kami akan menghubungi anda untuk menginformasikan fixed cost dari proyek anda berikut cara pembayarannya. Proyek akan dikerjakan setelah anda menyelesaikan pembayaran paling sedikit 50% dari total biaya layanan.

Pengerjaan Proyek

  1. Selama atau sebelum pengerjaan proyek, tim IDLEGAL atau mitra akan menghubungi anda, baik melalui telepon/WA, email atau secara langsung, untuk mengkonfirmasi data – data yang berhubungan dengan perkara yang sedang dikerjakan.
  2. Dokumen Legal Opinion dibuat dalam dalam format PDF dan hard copy dan akan dikirimkan ke email dan/atau alamat rumah/kantor anda setelah seluruh pembayaran diselesaikan.
  3. Dokumen akan selesai paling lambat setelah 21 hari kerja, terhitung sejak tanggal diterimanya pembayaran. Lama pengerjaan proyek tergantung tingkat kesulitan perkara, namun normalnya dapat diselesaikan dalam 5 hari kerja.

Syarat & Ketentuan

Analisa hukum diberikan berdasarkan informasi dan data yang disampaikan. Materi dan rekomendasi hukum yang dikemukakan di dalam dokumen Legal Opinion adalah pendapat profesional dari tim atau mitra, sedangkan eksekusi dan pelaksanaannya sepenuhnya tergantung pada keputusan anda, oleh karena itu  IDLEGAL tidak bertanggungjawab terhadap akibat dari eksekusi dan pelaksanaan tersebut, baik tanggung jawab secara perdata maupun tanggung jawab secara pidana.