Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum Kami Ajukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Kreditor Dengan Hak Preferensi Menurut Hukum Jaminan

5
(4)
Hak Preferensi
Siapa saja kreditor yang memiliki hak preferensi menurut hukum jaminan?

Hukum jaminan mengenal istilah Hak Preferensi khususnya untuk kreditor dengan jaminan berupa hak tanggungan, hipotek, gadai dan fidusia. Hak Preferensi tersebut menjadi sangat penting apabila si debitor (pihak yang berhutang), baik pribadi maupun perusahaan,  memiliki beberapa tagihan sekaligus dari kreditor yang berbeda – beda. Pada situasi demikian, kreditor – kreditor yang memiliki hak istimewa tersebut harus terlebih dahulu dibayarkan piutangnya, baru kemudian kreditor lain yang tidak memilikinya.

Pengertian

Hak Prefensi itu sendiri bermakna, bahwa kreditor selaku pihak memberi pinjaman atau hutang atau  pemegang jaminan memiliki hak untuk diprioritaskan dalam hal pelunasan hutang atau pinjaman yang diberikan.

Kreditor dengan Hak Preferensi

Hukum jaminan mengenal dua jenis kreditor yang memiliki hak preferensi, yakni kreditor preferen itu sendiri dan kreditor separatis.  Perbedaan antara kreditor preferen dan kreditor separatis adalah bahwa kreditor separatis memiliki hak untuk melakukan eksekusi sendiri terhadap objek jaminan, misalnya dengan menjual sendiri aset – aset jaminan piutangnya, kemudian mengambil sendiri hasil penjualan tersebut untuk pembayaran tagihannya. Termasuk kreditor separatis adalah kreditor dengan jaminan hak tanggungan, hipotek, gadai dan fidusia.

Kemudian, jenis kreditor yang tidak memiliki hak prioritas tersebut disebut sebagai kreditor konkuren, dimana akan mendapatkan pembayaran dari sisa pembayaran kepada kreditor preferen dan kreditor separatis.

Kesimpulan

Pengertian hak preferensi dalam hukum jaminan adalah hak untuk didahulukan pembayaran piutangnya sebelum pembayaran kepada kreditor lainnya. Jenis kreditor yang memiliki hak tersebut adalah kreditor preferen dan kreditor separatis. Sedangkan kreditor yang tidak memilikinya disebut sebagai kreditor konkuren.

Baca Juga:  Syarat Dan Prosedur Berkarir Sebagai Advokat

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 4

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini


Tim KlinikHukum.id

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.
(Visited 293 times, 1 visits today)

Kesulitan membuat kontrak?

Hubungi kami sekarang!

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi