Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum Kami Ajukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Kelebihan Mediasi Sebagai Model Penyelesaian Sengketa Yang Efektif

5
(2)
Kelebihan Mediasi
Apa saja keuntungan mediasi dibanding dengan model penyelesaian sengketa yang lain?

Mediasi merupakan salah satu model penyelesaian perkara secara non litigasi atau di luar pengadilan. Namun demikian mediasi pada prinsipnya juga dapat dilaksanakan di pengadilan yang dipimpin oleh seorang hakim mediator atau pihak lain yang memenuhi syarat berdasarkan ketentuan yang berlaku. Mediasi sendiri sering dianggap sebagai cara penyelesaian sengketa yang efektif dan popular bersama dengan model penyelesaian sengketa alternatif lainnya, misalnya arbitrase.

Pengertian Mediasi

Istilah mediasi diambil dari bahasa Latin, yaitu mediare yang berarti berada di tengah. Kemudian dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah mediation yang berarti penyelesaian sengketa yang melibatkan pihak ketiga sebagai penengah atau penyelesaian sengketa secara menengahi, yang menengahinya dinamakan mediator atau orang yang menjadi penengah. Menurut Christopher W. Moore, mediasi adalah intervensi terhadap suatu sengketa atau negosiasi oleh pihak ketiga yang dapat diterima, tidak berpihak dan netral yang tidak mempunyai kewenangan untuk mengambil keputusan dalam membantu para pihak yang berselisih dalam upaya mencapai kesepakatan secara sukarela dalam penyelesaian permasalahan yang disengketakan (Sutiyoso, 2008:57).

Dasar Hukum Mediasi

Terdapat beberapa peraturan perundang – undangan yang menjadi dasar penyelesaian sengketa melalui jalur mediasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Undang – Undang Nomor 48 Tahun 2009 Tentang Pokok Kekuasaan Kehakiman;
  2. Undang – Undang Nomor 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrasi dan Alternatif Penyelesaian Sengketa;
  3. Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (PERMA) Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan.

Kelebihan Mediasi

Adapun kelebihan mediasi khususnya dibandingkan dengan penyelesaian melalui jalur pengadilan, yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki kelebihan secara ekonomis dimana dengan melalui model penyelesaian sengketa ini dianggap lebih ekonomis dari segi biaya dan waktu dari pada model litigasi atau melalui jalur pengadilan ataupun melalui jalur arbitrasi;
  2. Ruang lingkup pembahasan lebih luas berdasarkan agenda permasalahan yang dininginkan oleh para pihak;
  3. Hubungan baik para pihak tetap terjaga mengingat model ini lebih mengutamakan cara – cara yang kooperatif untuk mencapai solusi yang memenangkan kedua belah pihak atau win – win solution:
  4. Dengan melalui mediasi, para pihak akan lebih paham kekuatan dan kelemahannya masing – masing;
  5. Para pihak lebih memungkinkan untuk melakukan kontrol terhadap jalannya proses mediasi;
  6. Mediasi juga memiliki kekuatan mengikat seperti halnya putusan pengadilan yang inkraht.

Pendaftaran Putusan Mediasi

Agar kesepakatan dalam mediasi memiliki kekuatan mengikat bagi para pihak maka harus didaftarkan di Pengadilan Negeri dalam waktu 30 hari sejak penandatanganan keputusan tersebut.  Kesapakatan yang didaftarkan tersebut bersifat final dan tidak dapat dilakukan banding. Khusus mediasi yang dilakukan di pengadilan kesepakatan dibuat dalam bentuk akta perdamaian atau dengan cara pencabutan gugatan sehingga pemeriksaan perkara tidak dilanjutkan.

Baca Juga:  Hak Mewaris Anak Luar Kawin

Demikian penjelasan tentang keuntungan dan kelebihan mediasi dalam penyelesaian sengketa. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 2

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini


Tim KlinikHukum.id

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.
(Visited 160 times, 1 visits today)

Kesulitan membuat kontrak?

Hubungi kami sekarang!

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi