Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Jenis – Jenis Nafkah Suami Terhadap Mantan Istrinya

Nafkah suami
Nafkah Suami Pasca Cerai

Kewajiban pemberian nafkah oleh suami atau nafkah suami kepada mantan isteri yang telah diceraikan melalui putusan pengadilan adalah salah satu hal yang diatur dalam Undang – Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, dimana pada pasal 41 huruf c disebutkan bahwa:

‘’Akibat putusnya perkawinan karena perceraian ialah Pengadilan dapat mewajibkan kepada bekas suami untuk memberikan biaya penghidupan dan/atau menentukan sesuatu kewajiban bagi bekas istri‘’

Berdasarkan ketentuan tersebut, hakim dalam menjatuhkan putusan cerai, khususnya cerai talak, juga sekaligus membebankan kewajiban kepada suami untuk memberikan nafkah kepada mantan istrinya tersebut. Perlu dicatat bawah suami menjadi Wajib menafkahi istrinya berdasarkan putusan pengadilan saja, artinya hakim bisa saja menjatuhkan putusan cerai tanpa membebankan kewajiban membayar nafkah.

Dalam hal putusan cerai disertai dengan kewajiban membayar nafkah, maka setidaknya terdapat tiga jenis nafkah yang harus dibayarkan suami bersangkutan kepada mantan isterinya, yaitu nafkah iddah, nafkah anak dan nafkah terutang. Berikut ini adalah penjelasan dari masing – masing nafkah suami kepada mantan istrinya tersebut.

Nafkah Iddah

Nafkah iddah adalah jenis nafkah yang wajib dibayarkan oleh suami kepada istrinya jika perceraian terjadi karena talak, yakni pihak suami mengajukan permohonan cerai ke pangadilan. Artinya selama masa iddah tersebut atau sekitar tiga bulan sepuluh hari setelah suami membacakan talaknya di depan pengadilan, si suami harus membayar nafkah iddah kepada mantan istrinya.

Penting untuk diingat, bahwa nafkah iddah tidak dibebankan kepada suami, dimana putusan cerai berdasarkan putusan pengadilan berdarkan gugatan pihak istri atau cerai gugat.  Nafkah iddah juga tidak diberikan kepada istri pengadilan menjatuhkan putusan talak ba’in dimana suami istri tidak dapat rujuk kembali. Demikian pula apabila istri nusyuz (istri durhaka kepada suami) dan sedang tidak hamil, suami tidak wajib membayar nafkah iddah.

Nafkah Anak

Kompilasi Hukum Islam menentukan bahwa nafkah anak atau Hadhanah, baik sebelum maupun setelah adanya perceraian menjadi tanggung jawab ayah menurut kemampuannya, sekurang-kurangnya sampai anak tersebut dewasa dan dapat mengurus diri sendiri. Oleh karena itu,  dalam putusan cerai, baik cerai talak maupun cerai gugat, pengadilan dapat membebankan kewajiban kepada suami untuk membayar nafkah anak tersebut sesuai dengan kemampuannya sampai si anak berumur 21 tahun.

Baca Juga:  Kelebihan Mediasi Sebagai Model Penyelesaian Sengketa Yang Efektif

Nafkah Terutang

Nafkah terutang maksudnya adalah apabila selama berlangsungnya perkawinan sang suami tidak memberikan nafkah kepada istri, maka itu menjadi utang baginya setelah terjadinya perceraian. Permintaan nafkah terutang dapat dituangkan baik dalam gugatan konvensi maupun gugatan rekonvensi.

Adapun dasar hukum nafkah terutang tersebut adalah pasal 34 ayat (1) Undang – Undang Perkawinan yang menyebutkan bahwa; “Suami wajib melindungi istrinya dan memberikan segala sesuatu keperluan hidup berumah tangga sesuai dengan kemampuannya.” 

Disamping ketiga jenis nafkah di atas, masih dikenal jenis nafkah lainnya, yaitu nafkah Mut’ah, yakni berupa pemberian berupa hadiah oleh suami kepada istri yang diceraikannya. Sebagaimana nafkah iddah, nafkah Mut’ah juga hanya berlaku pada putusan cerai talak.

Demikian penjelasan tentang jenis – jenis nafkah suami kepada mantan istrinya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 3

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 191 times, 1 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi