Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum Kami Ajukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Apakah Perkara Wanprestasi Dapat Dituntut Secara Pidana?

5
(1)

Kronologis dan Peristiwa

Selamat siang KlinikHukum.ID, saya berteman dengan Arian Karsindi, kemudian beberapa waktu yang lalu saya menggadai kan laptop yang saya beli seharga 5 juta Rupiah menggunakan nama Arian Karsini dan saya mendapat kan uang senilai 1 juta Rupiah, saat saya ingin mengambil laptop saya kembali Arian Karsini selalu seperti menghindar dari saya dan tidak dapat di hubungi , saat saya menghubungi orang tuanya, Arian seperti mengabaikan hal ini , lalu orang tuanya menyarankan saya menghubungi polisi.

Pertanyaan

Apakah saya bisa memenjarakan arian ?

Jawaban

Sayang sekali kronologis peristiwa yang anda sampaikan kurang jelas dan mungkin saja kami salah memahaminya. Namun demikian kami tetap akan mencoba menjawab pertanyaan anda.

Pertama tama kami ingin sampaikan bahwa tidak semua peristiwa hukum dapat ditarik ke dalam ranah pidana. Kemudian sehubungan dengan perkara anda, kami asumsikan bahwa penggadaian laptop anda didasarkan sebuah perjanjian dan masing – masing mendapat untung, dalam hal ini anda mendapatkan bagian 1 juta Rupiah. Kami asumsikan pula bahwa anda dan teman anda sepakat menebus kembali laptop tersebut secara bersama – sama. Apabila dalam kesepakatan tersebut anda dan teman anda menyepakati waktu kapan laptop itu diambil atau ditebus, kemudian teman anda secara sengaja menghindar atau enggan memenuhi janjinya, maka teman anda tersebut telah melakukan wanprestasi dan menlanggar pasal 1243 KUH Perdata.

Baca Juga:  Golongan – Golongan Ahli Waris Menurut Kitab Undang – Undang Hukum Perdata

Terkait dengan pertanyaannya, saya tegaskan bahwa perkara ini adalah murni perkara perdata bukan perkara pidana sehingga keinginan anda untuk memenjarakan tmn anda adalah bukan langkah hukum yang tepat. Terima kasih.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 1

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini


Tim KlinikHukum.id

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.
(Visited 68 times, 1 visits today)

Kesulitan membuat kontrak?

Hubungi kami sekarang!

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi