Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Cara Mendapatkan Warisan Bagi Anak Luar Nikah

warisan anak nikah siri
Cara Memperoleh Warisan Anak Luar Nikah

Persoalan  anak yang lahir di luar perkawinan adalah hal yang lazim ditemui dalam masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan pembagian warisan dari orang tua biologisnya dan cara mendapatkan warisan tersebut. Kemudian yang dimaksud dengan anak luar nikah adalah anak yang dibuahi dan dilahirkan di luar pernikahan yang sah, yakni pernikahan yang dicatat menurut peraturan perundang – undangan yang berlaku dan dibuktikan dengan buku nikah atau akta nikah. Oleh karena itu anak yang lahir dari hasil perkawinan siri serta anak zinah termasuk sebagai anak luar nikah.

Warisan Bagi Anak Luar Nikah

Anak yang lahir bukan dari perkawinan yang sah akan menghadapi berbagai persoalan hukum dimana salah satunya adalah persoalan kewarisan. Mengacu pada pasal 43 ayat (1) Undang – Undang  Perkawinan, bahwa anak luar nikah tersebut hanya memiliki hubungan perdata dengan ibunya, tidak dengan ayahnya. Oleh karena itu mereka tidak berhak mendapatkan pembagian warisan dari ayah biologisnya. Namun demikian terhadap pasal tersebut telah dilakukan uji materi (judicial review) dimana bunyinya kemudian diubah, yaitu sebagai berikut:

“anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan perdata dengan kedua orang tua biologis dan keluarganya dapat mengajukan tuntutan ke pengadilan untuk memperoleh pengakuan dari ayah biologisnya melalui ibu biologisnya”

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi tersebut, saat ini anak luar nikah akan mendapatkan warisan dari ayah biologisnya dengan catatan telah mendapat pengakuan dari ayahnya tersebut berdasarkan putusan pengadilan.

Baca Juga:  Enam Bentuk Alternatif Penyelesaian Sengketa

Cara lain yang dapat ditempuh untuk mendapatkan pembagian warisan tersebut adalah dengan mengajukan isbat nikah ke pengadilan. Penjelasan tentang cara pengajuan isbat nikah dijelaskan di artikel ini. Harta dari ayah biologis masih dapat diperoleh selain melalui pewarisan, yakni dengan cara hibah dan wasiat. Hanya saja, pada hibah dan wasiat berlaku ketentuan legitime portie, yakni harta yang dihibahkan atau diwasiatkan tidak boleh melebihi seperti tiga dari keseluruhan harta warisan.

Demikian penjelasan tentang cara mendapatkan warisan bagi anak yang lahir di luar nikah atau anak dari hasil kawin siri. Semoga bermanfaat, Terima kasih.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 5

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 152 times, 1 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi