Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Unsur Delik Korupsi Yang Perlu Dipahami

Penentuan sebuah perbuatan sebagai delik atau tindak pidana tidak serta merta dilakukan begitu saja. Kajian terhadap ketentuan undang – undang atau peraturan hukum terkait mutlak diperlukan. Untuk menguji apakah sebuah perbuatan memenuhi kualifikasi sebagai delik, pertama – tama harus diperhatikan adalah peraturan hukumnya, yakni unsur – unsur yang disebutkan di  dalam peraturan tersebut apakah bersesuaian dengan perbuatan atau tidak.

Dalam hal menentukan sebuah perbuatan apakah memenuhi kualifikasi sebagai delik korupsi maka tentu saja yang harus dicermati adalah unsur – unsur delik yang disebutkan pada peraturan terkait, dalam hal ini Undang-Undang No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Undang-Undang No 20 Tahun 2001. Pada pasal 2 ayat (1) UU. No.31/1999, disebutkankan bahwa;

Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan denda paling sedikit Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah).

Berdasarkan rumusan pasal tersebut kemudian dapat dirinci beberapa unsur yang harus terpenuhi agar sebuah perbuatan memenuhi kualifikasi sebagai delik korupsi, yaitu sebagai berikut:

  1. Perbuatan bersifat melawan hukum;
  2. Perbuatan dimaksudkan untuk memperkaya diri sendiri, orang lain atau suatu korporasi;
  3. Merugikan keuangan negara.

Kemudian pada pasal 3 di undang – undang yang sama disebutkan bahwa;

Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan, atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan atau denda paling sedikit Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah).

Dari bunyi pasal tersebut kemudian juga dirinci tiga unsur, yaitu:

  1. Perbuatan bertujuan menguntungkan diri sendiri;
  2. Perbuatan adalah penyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan;
  3. Perbuatan merugikan keuangan atau perekonomian negara.
Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengubah Sertifikat Hak Pakai Jadi Hak Milik Atas Tanah

Adapun perbuatan – perbuatan yang dapat memenuhi unsur tersebut, dalam UU Tipikor disebutkan 30 jenis perbuatan dimana tersebar pada 13 pasal. Kemudian ke-30 jenis perbuatan itu dikelompokkan menjadi 7 kelompok, yaitu sebagai berikut:

  1. Kerugian keuangan Negara;
  2. Suap-menyuap;
  3. Penggelapan dalam jabatan;
  4. Pemerasan;
  5. Perbuatan curang;
  6. Benturan kepentingan dalam pengadaan; dan
  7. Gratifikasi.

Kesimpulan

Unsur delik korupsi adalah melawan hukum, memperkaya diri sendiri, merugikan keuangan atau perekonomia negara, menguntungkan diri sendiri, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan. Undang – Undang Tipikor menyebutkan 30 jenis korupsi yang dikelompokkan menjadi 7 kelompok.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 1

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 72 times, 1 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi