Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Tanggung Jawab Sopir Ketika Kecelakaan Mengakibatkan Korban Nyawa

Kronologis & Peristiwa

Selamat malam Pak, Saya ingin bertanya satu hal, karena saya masih awam masalah ini. Atas instruksi pembeli, saya menyewa jasa mobil pick up beserta sopir untuk mengantar barang ke pembeli tersebut (kulkas). Atas permintaan pembeli saya ikut menumpang di mobil pick up sewaan yang dikemudikan sopir tersebut. Kemudian terjadi kecelakaan, yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Saat kejadian saya sedang bermain HP sehingga tidak secara langsung melihat detail kejadian tersebut. Sejak kejadian itu saya menjadi trauma naik mobil, karena meskipun saya tidak melihat kejadian, tapi suara hantaman masih terngiang – ngiang hingga saat ini. Saya juga merasa menjadi korban disini.  Trauma ini akan terus ada. Pada prosesnya saya diminta oleh polisi sebagai saksi atas peristiwa tersebut.

Pertanyaan:

Pertanyaan saya apakah saya juga akan mengalami proses hukum seperti si sopir, secara saya tidak tahu apa – apa tentang kecelakaan itu, saya hanya penumpang ? Terima kasih untuk jawabannya Bapak/Ibu.

Jawaban:

Halo ibu Vian, berdasarkan kronologis yang ibu sampaikan di atas  si sopir kemungkinannya akan dijerat pasal 359 KUHP dimana termasuk salah satu delik culpa atau kesalahan karena kealpaan yang menyebabkan orang lain kehilangan nyawa. Silahkan baca lebih lanjut penjelasan tentang delik culpa tersebut pada artikel ‘Pengertian Culpa dalam Hukum Pidana

Baca Juga:  Memahami Surat Dakwaan dan Surat Gugatan

Kemudian keberadaan ibu dalam mobil tersebut sebagai penumpang dan tidak memiliki kendali atas lajunya mobil sehingga tentu saja tidak memiliki andil dalam terjadinya kecelakaan, sehingga menurut kami ibu tidak dapat dipersalahkan atas peristiwa tersebut. Namun posisi ibu sebagai saksi juga tidak dapat dihindarkan, namun hal itu wajar saja, karena posisi ibu sebagai penumpang ketika itu. Jadi saran kami, silahkan jalani saja prosesnya sebagai saksi, berikan keterangan apa adanya, termasuk aktifitas main smartphone saat peristiwa kecelakaan tersebut. Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 4.8 / 5. 5

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 129 times, 1 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi