Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Talak Tiga Sekali Ucap, Apakah Sah Sebagai Talak Tiga?

Kronologis & Peristiwa:

Assalamu’alaikum KlinikHukum.id. Saya L, seorang perempuan yang berstatus istri. Akhir – akhir ini rumah tangga saya sedang tidak harmonis karena berbagai persoalan. Ada banyak hal yang memicu pertengkaran antara saya dan suami saya. Mulai dari hal kecil sampai yang besar, atau lebih tepatnya dibesar – besarkan. Puncaknya minggu lalu, hingga menjatuhkan talak ke saya, bukan talak satu atau talak dua tapi talak tiga sekaligus saat itu juga.

Pertanyaan:

Apakah talak yang diucapkan suami saya itu sah sebagai talak tiga atau hanya talak satu?

Jawaban:

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh, Ibu L sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas pertanyaannya. Persoalan yang ibu alami juga banyak ditemukan pada kasus yang lain.Persoalan tersebut menyangkut keabsahan talak tiga yang dijatuhkan dalam satu majelis atau satu kali ucap. Hal ini sangat penting untuk dijelaskan karena talak berkaitan dengan konsekuensi yang sangat serius secara hukum dan juga berhubungan dengan ketaatan kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu, berkut ini kami akan menjelaskan persoalan talak dan konsekuensinya tersebut.

Dalam ajaran Islam kita ketahui bahwa talak atau perceraian adalah perbuatan yang halal tetapi sangat dibenci oleh Allah SWT. Artinya Islam tidak melarang sama sekali talak tersebut tetapi sekaligus juga memperingatkan bahwa perbuatan itu sangat dibenci oleh Allah sehingga seharusnya menjadi yang paling dihidari dalam dalam kehidupan berumah tangga. Oleh karena itu Agama Islam mengatur secara jelas dan utuh tentang masalah talak tersebut.

Talak di dalam Islam secara umum dibedakan atas dua jenis, yakni talak raj’i dan talak bain. Talak raj’i atau talak rujuk meliputi talak satu dan talak dua. Talak jenis ini masih memungkinkan pasangan suami istri untuk rujuk kembali setelah dijatuhkan talak dengan syarat rujuk dilakukan selama istri masih dalam masa iddah (masah iddah biasanya dianggap setara dengan tiga bulan atau tiga kali suci bagi istri) setelah dijatuhkannya talak. Selanjutnya talak bain adalah talak dimana pasangan suami istri setelah dijatuhkannya talak haram untuk rujuk kembali. Talak jenis ini meliputi talak tiga. Suami yang telah menjatuhkan talak tiga boleh menikah kembali dengan mantan isterinya, dengan syarat si isteri telah menikah dan dicampuri oleh laki – laki (suami) lain kemudian bercerai dan habis masa iddah-nya.

Selanjutnya berhubungan dengan perkara dan pertanyaan anda, dimana suami anda telah menjatuhkan talak tiga dalam satu kali ucap kepada anda. Talak seperti ini memicu perbedaan pendapat di kalangan ulama. Sebagian mengatakan bahwa talak seperti itu sah sebagai talak tiga dan sebahagian lainnya mengaggap bahwa yang dijatuhkan hanyalah talak satu meskipun yang dilafazkan adalah talak tiga atau diucapkan tiga kali berturut – turut. Dalam hal perbedaan pendapat tersebut tentu saja setiap Muslim berhak menentukan pilihannya untuk mengikuti pendapat yang mana.

Baca Juga:  Hak Mewaris Anak Luar Kawin

Kemudian bagaimana dengan hukum positif kita sehubungan dengan persolan ini. Di Indonesia, masalah perceraian dan umumnya hal yang berhubungan dengan hukum Islam diatur melalui Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 1991 Tentang Kompilasi Hukum (KHI). Hanya saja talak tiga satu kali lafaz seperti yang anda alami tersebut tidak diatur secara jelas. KHI melalui pasal 115 mengatur bahwa; “Perceraian hanya dapat dilakukan di sidang Pengadilan Agama setelah Pengadilan Agama tersebut tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak (sumai isteri)”.  Oleh karena itu talak yang sah menurut hukum yang berlaku di Indonesia, dalam hal ini KHI, adalah hanya talak yang diikrarkan suami di sidang Pengadilan Agama.

Dengan demikian, anda dan suami anda secara hukum negara masih berstatus sebagai suami isteri, meskipun anda telah dijatuhi talak tiga karena  talak diucapkan berapa kalipun apabila tidak melalui sidang Pengadilan Agama tetap tidak sah. Sedangkan menurut hukum syariat, kita dapat menentukan pilihan untuk ikut salah satu pendapat, apakah menerima talak tiga seperti talak suami anda ke anda sebagai talak tiga atau hanya menganggapnya sebagai talak satu dengan kemungkinan rujuk bagi anda berdua. Wallahu’alam.

Terima kasih,

Tim KlinikHukum.id

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 3.9 / 5. 7

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 2,416 times, 19 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi