Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Mengundurkan Diri Dari Perusahaan, Apa Saja Persyaratannya?

Kronologis & Peristiwa

Selamat pagi KlinikHukum.ID. Saya sebelumnya saya bekerja dan berstatus sebagi karywan di sebuah perusahaan, namun sudah resign dan perusahaan sudah menerbitkan surat referensi bahwa si karyawan sudah berhenti kerja per tgl 01 juli 2019 . Tetapi setelah dicek dari pihak accounting karyawan ternyata ada beberapa hal pekerjaan yang masih belum di selesaikan. Selaku karyawan posisi pekerjaannya di perusahaan adalah posisi kasir jadi berhubungan dengan uang.

Pertanyaan

Apa sajakah syarat untuk mengundurkan diri sebagai karyawan di perusahaan?, Apakah perusahaan berhak menuntut saya yang sudah resign?

Jawaban

Saudara penanya, terima kasih atas pertanyaan anda. Hubungan antara karyawan dan perusahaan terikat perjanjian kerja dimana di dalamnya terdapat hak dan kewajiban. Kemudian resign dari pekerjaannya harus memenuhi syarat sebagaimana ditentukan Pasal 162 ayat (3) Undang Undang No.13/2003 Tentang Ketenagakerjaan, yaitu sebagai berikut;

  1. Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tigapuluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri;
  2. Tidak terikat dalam ikatan dinas; dan
  3. Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.

Apabila terjadi perselihan terkait dengan pemutusan hubungan kerja karena atas dasar kemauan sendiri, termasuk dalam hal ini mengundurkan diri dari karyawan tidak memerlukan penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Sehubungan dengan perkara yg anda sampaikan, selama, syarat mengundurkan dari perusahaan sebagaimana disebutkan pada pasal di atas terpenuhi maka tidak ada tuntutan atas dasar pengunduran diri diri anda sebagau karyawan, terlebih pengunduran diri tersebut telah mendapat persetujuan dari atasan berdasarkan surat referensi yang anda sebutkan. Hanya saja ternyata masih ada pekerjaan yg harus anda selesaikan, tetapi menurut saya dengan keluarnya surat refrensi tersebut artinya perusahaan sudah mnganggap bahwa tugas anda sebagai karyawan telah rampung seluruhnya. Artinya anda telah memenuhi syarat untuk mengundurkan diri sebagaimana dimaksud pada pasal  yang disebutkan di atas. Jadi sekali lagi pihak perusahaan tidak bisa menuntut anda atas dasar pengunduran diri sebagai karyawan, kecuali terjadi pelanggaran lain, maka potensi tuntutan hukum tetap ada.

Baca Juga:  Apa Perbedaan Judex Facti dan Judex Juris Dalam Sistem Peradilan Indonesia?

Kesimpulan

Syarat mengundurkan diri dari perusahaan ditentukan Pasal 162 ayat (3) Undang Undang No.13/2003 Tentang Ketenagakerjaan. Selama syarat – syarat tersebut telah terpenuhi maka pihak perusahaan tidak dapat menuntut karyawannya atas dasar pengunduran diri dari pekerjaan. Kecuali terjadi pelanggaran hukum yang lain.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 1

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 78 times, 1 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi