Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Perbedaan Kontrak dan MoU

Perbedaan Kontrak dan MoU
Perbedaan Antara Kontrak dan MoU

Kontrak dan MoU adalah istilah yang lazim ditemukan dalam hubungan bisnis atau hubungan keperdataan lainnya. Kedua istilah tersebut memiliki kemiripan dan kedekatan makna. Bahkan, banyak orang kesulitan untuk membedakannya. Meskipun pada prinsipnya keduanya  memiliki makna dan fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah penjabaran tentang Perbedaan antara Kontrak dan MoU tersebut.

Kontrak atau Perjanjian

Pengertian Kontrak atau perjanjian  dapat dipahami berdasarkan defenisi yang ada pada pasal 1313 KUHPerdata, yaitu;

Perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih. Dari peristiwa ini, timbullah suatu hubungan hukum antara dua orang atau lebih yang disebut Perikatan yang di dalamnya terdapat hak dan kewajiban masing-masing pihak.  

Dengan demikian, berdasarkan bunyi pasal tersebut unsur kontrak atau perjanjian meliputi hal – hal sebagai berikut:

  1. Perbuatan, yaitu perbuatan atau tindakan hukum yang dilakukan oleh para pihak dimana perbuatan tersebut kemudian menimbulkan akibat hukum;
  2. Dua orang atau lebih, yaitu bahwa perjanjian harus melibatkan dua orang atau lebih yang memberikan pernyataan satu dengan yang lainnya;
  3. Mengikatkan diri, bahwa dalam perjanjian tersebut para pihak harus mengikatkan atau berjanji untuk melaksanakan apa yang diperjanjikan.

Selanjutnya, agar sebuah perjanjian mengikat dan memiliki kekuatan hukum harus memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan oleh undang – undang, yakni pasal 1320 KUH Perdata. Adapun persyaratan tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Adanya kesepakatan kedua belah pihak;
  2. Cakap secara hukum untuk melakukan kontrak atau perjanjian;
  3. Perihal tertentu;
  4. Sebab atau causa yang halal

Penjelasan lebih lanjut tentang syarat kontrak dapat anda baca pada artikel: “Asas-Asas Hukum Perjanjian Dalam KUH Perdata”

MoU  atau Nota Kesepahaman

MoU yang merupakakan singakatan dari Memorandum of Understanding pada dasarnya adalan “Pra-Kontrak” antara para pihak. MoU tidak diatur secara khusus dalam perundang – undangan namun dalam praktek hubungan bisnis selalu ada sebagai pendahuluan sebelum para pihak mengikatkan diri dalam perjanjian atau kontrak.  Untuk lebih jelasnya, berikut adalah definisi MoU dikutip dari  Black’s Law Dictionary:

“A written statement detailing the preliminary understanding of parties who plan to enter into a contract or some other agreement; a noncommittal writing preliminary to acontract. A letter of intent is not meant to be binding and does not hinder the parties from bargaining with a third party. Business people typically mean not to be bound by a letter of intent, and courts ordinarily do not enforce one, but courts occasionally find that a commitment has been made…”

 Ringkasnya, MoU memiliki ciri – ciri sebagai berikut:

  1. Merupakan pendahuluan dari suatu perikatan atau kontrak;
  2. Memuat hal – hal yang dianggap pokok saja;
  3. Biasanya bersifat sementara atau berdasarkan tenggang waktu tertentu sebelum diikuti oleh perjanjian;
  4. Bersifat non formal sehingga tidak mengikat para pihak;
  5. Para pihak masih memiliki keraguan sehingga melanjutkan tahap perjanjian atau kontrak
Baca Juga:  Tata Cara dan Prosedur Pelaksanaan RUPS

Perbedaan Perjanjian Kontrak dan MoU

Berdasarkan uraian di atas nampak jelas bahwa pokok perbedaan antara perjanjian dan MoU terletak pada kekuatan mengikatnya, dimana perjanjian atau kontrak memiliki akibat yang mengikat secara hukum sedangkan MoU tidak mengikat para pihak. Namun demikian, adakalanya sebuah perjanjian dilabeli sebagai MoU, dengan kata lain, bahwa MoU tersebut telah memenuhi syarat – syarat perjanjian sebagaimana disebutkan pada pasal 1320 KUHPerdata, sehingga MoU seperti ini juga mengikat secara hukum.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 3

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 2,577 times, 9 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi