Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Apa Perbedaan Judex Facti dan Judex Juris Dalam Sistem Peradilan Indonesia?

Kronologis & Peristiwa:

Selamat malam KlinikHukum.id, saya orang awam di bidang hukum, tidak memiliki latar belakang pendidikan hukum atau pun pengalaman di bidang hukum. Tetapi saya sangat tertarik dengan bidang ini sehingga saya selalu tertarik dengan pemberitaan yang berhubungan dengan hukum bahkan  beberapa kali sempat mengikuti sidang pengadilan. Hanya saja terdapat beberapa istilah hukum yang tidak saya pahami, misalnya judex facti dan judex juris.

Pertanyaan:

Apa pengertian judex facti dan judex juris dan apa perbedaan keduanya?

Jawaban:

Saudara penanya, kami dari tim KlinikHukum.id sangat mengapresiasi ketertarikan anda pada bidang hukum meskipun tidak termasuk bidang yang anda geluti. Terkait dengan pertanyaan saudara, pertama – tama kami ingin menyampaikan bahwa sistem peradilan di Indonesia mengenal tiga jenis tingkatan, yakni Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Tinggi (PT) dan Mahkamah Agung (MA). Terhadap tingkatan peradilan tersebut terdapat dua jenis kewenangan dalam memeriksa perkara, yakni kewenangan Judex Facti dan Judex Juris. Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi memiliki kewenangan judex facti sedangkan Mahkamah Agung memiliki kewenangan judex juris.

Judex Facti artinya kewenangan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi untuk memeriksa fakta – fakta dan bukti – bukti yang berhubungan dengan perkara yang sedang diadili. Sedangkan Judex Juris adalah kewenagan Mahkamah Agung pada sidang kasasi memeriksa penerapan hukum dari putusan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi terhadap perkara tertentu dan tidak memeriksa fakta – fakta bukti yang berhubungan dengan perkaranya.

Baca Juga:  Keberadaan Hukum Internasional Perjanjian Dalam Sistem Hukum Nasional [1]

Jadi, untuk menyerdahanakan perbedaan antara kedua istilah tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Tinggi (PT) adalah Judex Facti, sedangkan Mahkamah Agung (MA) adalah Judex Juris.

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tim KlinikHukum.id

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 4.5 / 5. 39

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 10,461 times, 1 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi