Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Jenis – Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Dan Ancaman Hukumannya

Persoalan lalu lintas di Indonesia diatur secara khusus dengan Undang – Undang  Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Pelanggaran lalu lintas termasuk perbuatan tindak pidana ringan, oleh karena itu masing – masing pelanggaran diancam dengan hukuman pidana.Ancaman pidana terhadap beberapa jenis pelanggaran lalu lintas diatur mulai dari pasa 273 sampai dengan pasal 317 UU No. 22/2009. Pada artikel kali kami akan merangkum beberapa jenis pelanggaran lalu lintas yang paling sering ditemukan berikut ancaman hukumannya.

Tidak Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Dan STNK

SIM adalah dokumen yang harus dimiliki oleh pengendara kendaraan bermotor. Pengemudi yang tidak memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan bermortor yang dikemudikan diancam dengan pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak 1 Juta Rupiah – Pasal 281. Kemudian apabila pada saat diadakan pemeriksaan kendaraan bermotor/razia di jalan pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM, maka pengemudi bersangkutan diancam dengan kurungan paling lama 1 (satu) bulan dan/atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) – Pasal 288. Selanjutnya, pelanggaran karena tidak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor, dimana hal ini diatur pada pasal 288 ayat (1) dimana ancaman hukumannya adalah pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Tidak Memasang Tanda Nomor Kendaraan

Terhadap jenis pelanggaran ini, pengemudi yang melanggar akan dikenakan hukuman berdasarkan ketentuan pasal 280 dimana ancaman pidananya adalah pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Tidak Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Pengendara yang tidak memathi rambu lalu lintas atau marka jalan diancam dengan pidana  kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah), sebagaimana diatur pada pasal 287 ayat (1).

Melebihi Kecepatan Berkendara

UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan juga mengatur tentang aturan kecepatan berkendara, baik kecepatan minimum maupun kecepatan maksimum. Pelanggaran terhadap ketentuan ini diancam dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu – Pasal 287 ayat (5).

Tidak Menggunakan Helm Standar Nasional

Baca Juga:  Kelebihan Mediasi Sebagai Model Penyelesaian Sengketa Yang Efektif

Pengemudi kendaraan roda dua oleh UU diwajibkan menggunakan helm standar nasional. Mereka yang melanggar ketentuan ini akan diancam dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu – Pasal 291 ayat (1).

Tidak Menyalakan Lampu Utama

Lampu utama pada kendaraan bermotor wajib dinyalakan, baik pada malam hari maupun pada siang hari. Pengemudi yang tidak menyalakan lampu utama pada malam hari diancam dengan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) – Pasal 293 ayat (1). Sedangkan bagi yang tidak menyalakan pada siang hari diancam dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) – Pasal 293 ayat (2).

Demikian beberapa jenis pelanggaran lalu lintas serta acaman hukuman yang paling sering terjadi di jalan raya. Terima kasih.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 4.4 / 5. 9

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 2,741 times, 1 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi