Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Ingin Mendirikan Perusahaan? Pahami Dulu Jenis Perusahaan Di Indonesia

Bentuk - Bentuk Perusahaan
Jenis-jenis-Perusahaan di Indonesia

Idealnya, sebuah kegiatan usaha dijalankan oleh sebuah perusahaan.  Perusahaan sendiri dapat diartikan sebagai organisasi atau tempat melakukan kegiatan produksi serta tempat berkumpulnya berbagai jenis faktor – faktor produksi. Setiap perusahaan seyogyanya memiliki legalitas yang valid dan terdaftar di pemerintah sehingga dapat disebut sebagai badan usaha. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis perusahaan yang diakui secara resmi dan diatur berdasarkan peraturan perundang – undangan tertentu. Pada artikel kali ini, KlinikHukum.ID akan menguraikan bentuk – bentuk perusahaan di Indonesia.

Perusahan Berbadan Hukum

Yang dimaksud sebagai perusahaan berbadan hukum adalah perusahaan yang kepemilikannya baik oleh swasta maupun negara serta memenuhi syarat – syarat sebagai badan hukum, yakni meliputi:

  1. Adanya harta kekayaan terpisah dari harta pemilik perusahaan;
  2. Mempunyai tujuan tertentu;
  3. Mempunyai kepentingan sendiri;
  4. Adanya organisasi tertentu.

Berdasarkan ciri – ciri tersebut, maka beberapa kelebihan perusahaan berbadan hukum antara lain lebih terjamin sebab tidak tergantung pada beberapa pemilik dan pemilik dapat diganti-ganti; tanggung jawab hanya terbatas pada para pemegang saham terhadap hutang – hutang perusahaan; dan lebih mudah memperoleh tambahan modal dengan mengeluarkan saham baru. Sedangkan kelemahannya, antara lain: perusahaan merupakan subjek pajak tersendiri; proses pendiriannya lebih rumit karena harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan oleh undang – undang; dan biaya pendiriannya lebih mahal. Adapun jenis – jenis perusahaan berbadan hukum yang diakui di Indonesia, yaitu:

  1. Perseroan Terbatas (PT) dimana pada zaman dulu dikenal dengan istilah Naamloze Vennootschaap (NV). Perusahaan ini adaalah suatu persekutuan yang bertujuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham. Pemilikian terhadap perhadap perusahaan  sebanyak saham yang dimiliki.
  2. Koperasi, yakni jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum. Kegiatan perusahaan jenis iniberlandaskan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1 merupakan usaha kekeluargaan dengan tujuan mensejahterakan anggotanya.

Perusahaan Bukan Badan Hukum

Berbeda dengan perusahaan berbadan hukum, perusahaan yang tidak berbadan hukum memiliki proses pendirian yang lebih sederhana dan tidak  rumit. Perusahaan pada kategori ini merupakan perusahaan swasta yang didirikan dan dimiliki oleh beberapa orang pengusaha berdasarkan perjanjian kerja sama untuk menjalankan sebuah usaha bidang ekonomi, baik perindustrian, perdagangan ataupun jasa. Adapun bentuk – bentuk perusahaan bukan badan hukum adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan perseorangan, yakni perusahaan yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Oleh karena itu, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu. Di indonesia, tidak ditentutkan bentuk resmi perusahaan perseorangan tersebut.
  2. Persekutuan Komanditer atau Commanditaire Vennootschap (CV), yakni suatu persekutuan usaha yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.
  3. Firma atau perkongsian yang biasa juga disingkat Fa, yakni persekutuan yang dimaksudkan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama. Organisasi perusahaan seperti ini adalah organisasi perusahaan yang dimiliki oleh beberapa orang.
Baca Juga:  Penjelasan Tentang Delik Dolus Dalam Ilmu Hukum Pidana

Demikian artikel tentang beberapa jenis – jenis perusahaan yang secara resmi diakui di Indonesia.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 1

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 76 times, 1 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi