Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Bagaimana Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan Hukum Gratis

Kronologis dan Peristiwa:

Selamat siang KlinikHukumID, salah satu keluarga saya sedang tersandung masalah hukum, yakni persoalan penganiayaan rekan kerjanya. Saat ini saudara saya sudah dalam proses pemeriksaan di kepolisian. Oleh karena itu saya ingin saudara saya didampingi oleh seorang pengacara selama menjalani proses hukumnya, hanya saja kami tidak cukup dana untuk menyewa seorang pengacara. Teman saya menyarankan untuk datang LBH di kota saya, tapi saya kurang paham tentang cara dan prosedur mendapatkan bantuan dari LBH.

Pertanyaan:

Bagaimana cara mendapatkan bantuan hukum gratis dari LBH?

Jawaban:

Saudara penanya, sebelumnya kami prihatin dengan persoalan hukum yang sedang menimp keluarga anda. Persoalan mendapatkan bantuan pada dasarnya telah diatur melalui Undang – Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum. Dalam undang – undang tersebut yakni pada pasal 1 angka 1 disebutkan, bahwa; “Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara cuma-cuma kepada Penerima Bantuan Hukum”. Oleh karena itu bantuan hukum pada prinsipnya bersifat gratis dan tidak dipungut biaya. Adapun pihak yang yang dapat memberikan bantuan hukum tersebut, yakni lembaga bantuan hukum atau organisasi kemasyarakatanyang memberi layanan Bantuan Hukum yang telah memenuhi syarat berdasarkan ketentuan undang – undang Bantuan Hukum. Biasanya adalah Lembaga Bantuan Hukum atau LBH yang ada di masing – masing kota atau kabupaten. Lembaga bantuan hukum atau organisasi kemasyarakatanyang memberi layanan Bantuan Hukum dapat memberi bantuan hukum apabila  memenuhi syarat – syarat sebagaimana diatur melalui UU Bantuan Hukum pasal 8 ayat (2), yaitu sebagai berikut:

  1. berbadan hukum;
  2. terakreditasi berdasarkan UU 16/2011;
  3. memiliki kantor atau sekretariat yang tetap;
  4. memiliki pengurus; dan
  5. memiliki program Bantuan Hukum.

Selanjutnya, untuk mendapatkan bantuan hukum secara cuma – cuma dari LBH, pemohon bantuan harus memenuhi syarat yakni termasuk golongan masyarakat miskin, yakni mereka yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri. Termasuk hak dasar dalam hal ini adalah hak atas pangan, sandang, layanan kesehatan, layanan pendidikan, pekerjaan dan berusaha, dan/atauperumahan.

Baca Juga:  Perbedaan Putusan Sela Dan Putusan Akhir Pada Sidang Pengadilan

Sedangkan mengenai tata cara untuk mendapatkan bantuan hukum, UU Bantuan Hukum juga telah menguraikan prosedurnya, yakni terbaca pada pasal 14 ayat (1) dan (2), yaitu: Untuk memperoleh Bantuan Hukum, pemohon Bantuan Hukum harus memenuhi syarat-syarat:

  • mengajukan permohonan secara tertulis yang berisi sekurang-kurangnya identitas pemohondan uraian singkat mengenai pokok persoalan yang dimohonkan Bantuan Hukum;
  • menyerahkan dokumen yang berkenaan dengan perkara; dan
  • melampirkan surat keterangan miskin dari lurah, kepala desa, atau pejabat yang setingkat di tempat tinggal pemohon Bantuan Hukum
  • Jika Pemohon bantuan hukum tidak mampu mengajukan permohonan secara tertulis,maka permohonan dapat diajukan juga secara lisan.

Kesimpulan:

Bantuan Hukum secara gratis adalah hak bagi warga miskin dan dapat diajukan ke Lembaga Bantuan Hukum atau organisasi kemasyaratan yang telah memenuhi syarat yang ditentukan oleh undang – undang Bantuan Hukum.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 1

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 89 times, 1 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi