Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Dapatkan Legal Opinion dari Konsultan Hukum KamiAjukan Proposal Sekarang!

Mulai dari Rp.2.500.000

Penghinaan Di Facebook, Begini Ancaman Hukumannya

Penghinaan merupakan salah satu delik yang diatur secara khusus di dalam Kitab Undang – Undang Hukum Pidana (KUHP). Apabila ditelusuri delik penghinaan diatur dalam KUHP, yakni pasal 310 dan 311.  Pasal – pasal penghinaan tersebut juga dikenal sebagai pasal pencemaran nama baik.  Kemudian apabila penghinaan dilakukan melalui media sosial, dalam hal ini Facebook, maka akan secara khusus dikenakan pasal – pasal penghinaan yang ada dalam Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Sebelum lebih jauh membahas tentang penghinaan di facebook, terlebih dahulu saya ingin menjelaskan tentang  pengertian penghinaan berdasarkan ilmu hukum pidana dan KUHP. Pengertian tersebut saya rangkum dari artikel kami terdahulu yang berjudul “Memahami Pasal Pencemaran Nama Baik Dalam KUHP”, dimana disebutkan bahwa bahwa, kata “menghina” dalam KUHP berarti “menyerang kehormatan dan nama baik seseorang”. Arti kehormatan pada konteks ini merujuk pada  “nama baik”, tidak dalam dalam lapangan seksuil. Pengertian tersebut merupakan elaborasi terhadap pasal 310 ayat (1) KUHP, yaitu sebagai berikut:

“Barang siapa dengan sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Selanjutnya bilamana penghinaan dilakukan di Facebook serta media sosial yang lain maka yang diberlakukan adalah pasal 27 ayat (3) dan pasal pasal 45 UU ITE. Diberlakukannnya UU ITE terhadap delik penghinaan tersebut, bukan KUHP, merupakan pelaksanaan dari asas hukum “lex spesialis derogate legi lex generalis”, yang berarti bahwa peraturan yang khusus mengenyampingkan peraturan yang umum. Dalam hal ini UU ITE adalah peraturan khusus dan KUHP adalah peraturan umum.

Selanjutnya mari kita cermati pasal – pasal UU ITE tersebut. Pasal 27 ayat (3) menyebutkan, yaitu sebagai berikut:

Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”.

Berdasarkan ketentuan tersebut  kemudian dapat diurai paling tidak tiga unsur yang harus terpenuhi sehingga aktifitas di facebook atau media sosial dapat dijerat dengan pasal tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Dengan sengaja
  2. Mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi/Dokumen Elektronik
  3. Bermuatan penghinaan atau pencemaran nama baik.
Baca Juga:  Urutan dan Tahapan Sidang Perkara Perdata

Apabila ketiga unsur unsur di atas terpenuhi, maka pelaku akan diancam dengan hukuman pidana sebagaimana diatur pada 45, yaitu sebagai berikut:

“Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)”.

Dengan demikian, penghinaan melalui facebook atau sosial media merupakan delik pidana yang serius karena ancaman hukumannya di atas lima tahun, sehingga terhadap tersangkanya dapat langsung dilakukan penahanan berdasarkan ketuan pasal 21 ayat (4) Kitab Undang – Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Kesimpulan:

Penghinaan di Facebook serta media sosial yang lain diatur pada pasal 27 ayat (1) Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Kemudian ancaman hukuman terhadap pelaku penghinaan diatur pada pasal 45 UU ITE, yakni pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?

Rating rata-rata 5 / 5. 1

Maafkan kami artikel ini tidak bermanfaat bagi anda!

Berikan saran anda kepada kami tentang artikel ini

(Visited 61 times, 1 visits today)
Advokatus
+ Artikel Lainnya

Advokatus adalah tim yang berpengalaman menyajikan konten hukum berkualitas di IDLEGAL. Selain itu para advokatus juga bertugas menjawab pertanyaan atas permasalahan hukum yang diajukan pada fitur Forum Konsultasi Hukum Online di platform ini.

Kesulitan membuat kontrak?---Hubungi kami sekarang!---

Mulai Rp.500.000, sudah termasuk konsultasi